Jumat, 18 Maret 2011

BURUNG ROBIN

Robin

Robin merupakan salah satu jenis burung yang asal muasalnya dari negeri China,dan memang merupakan jenis burung periang, lincah dan suka bernyanyi. Warna bulunya yang menarik perpaduan hijau dan abu-abu, dengan sedikit warna merah di bagian sayap membuat kombinasi tersebut menjadi salah satu daya tari para kicaumania untuk bisa memilikinya.Disamping paruh merahnya yang semakin menambah daya tarik penampilan fisiknya .
Ocehannya yang merdu merupakan salah satu cara untuk membedakan antara yang jantan dan betina. Ocehan jantan bervariasi, sedangkan betina hanya mempunyai satu nada. Pengamatan jenis kelamin secara fisik sulit dilakukan, karena hampir tidak ada perbedaan postur dan warna bulu.
Di habitat aslinya, robin termasuk burung yang hidup berkoloni, termasuk juga saat mencari makanan. Biasanya induk jantan dan betina akan membuat sarang di semak-semak yang rimbun, dengan mengumpulkan berbagai jenis dedaunan kering
Masa berkembangbiakannya biasannya terjadi di musim kemarau. Induk jantan dan betina bergantian mengerami telur-telurnya. Begitu juga saat meloloh piyik yang baru menetas.
Memelihara burung robin relatif sangat mudah. Dengan pakan utamanya adalah voer serta serangga dan kroto bisa diberikan beberapa hari sekali disamping jenis buah-buahan lainnya.
Karena panjang tubuhnya hanya sekitar 7 cm, tidak diperlukan sangkar besar untuk memelihara robin. Biasanya sangkar persegi berukuran 25 x 30 cm2 sudah memadai. Bisa juga menggunakan sangkar bulat dengan ukuran hampir sama.
Karena populasinnya yang semakin langka, maka tak heran jika jenis burung inipun mengalami kenaikan harga yang lumayan drastis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar